Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sekretaris Dalam Penampilanya :
- Tata cara berdandan
Cara berdandan seorang sekretaris tidak perlu menor agar terlihat menarik. Berdandan secukupnya dan disesuaikan dengan waktu dan posisi dimana kita berada. Jangan memakai aksesoris, make-up yang berlebihan karena akan terlihat sangat norak dan akan menimbulkan kesan yang negatif bagi orang yang memperhatikannya.
- Tata Rambut
Tata rambut untuk sekretaris jangan sampai mengganggu saat dia bekerja, misalnya terlalu panjang, terurai tanpa diikat. Adalah tidak sopan jika sekretaris harus menyisir dan membenahi rambut di ruangan kerja, terlebih lagi jika sedang ada tamu di ruangan tersebut. Sebenarnya bagi sekretaris model rambut harus diperhatikan, disamping kebersihan, rambut juga harus di pelihara, model gondrong atau crew cut juga tidak disarankan untuk seorang sekretaris.
- Tata cara berpakaian
Berpenampilan baik dan menarik tidak dilihat dari pakaiannya yang bagus ataupun yang harganya mahal namun dilihat dari kesesuaian pakaiannya atau cara menyeimbangkannya dengan cara bersolek atau menggunakan aksesorisnya. Yang paling utama agar terlihat menarik dalam berpenampilan yaitu menggunakan pakaian yang simpel, bersih dan rapi. Pakaian yang sederhanapun apabila rapi, bersih dan sopan maka akan terlihat menarik.
- Gaya atau perilaku
Selama sekretaris duduk ditempat kerjaannya, menerima tamu atau berbicara dengan tamu harus menjaga jangan sampai terlihat letih, lesu, kurang percaya diri atau memberi kesan bermalas malasan. Hindari pose yang memberikan kesan sensual , demikian juga ketika berjalan seharusnya tidak menunduk atau sambil menggigit jari dan tersipu malu. Gaya ini biasanya dilakukan oleh seorang sekretaris yang kurang percaya diri.
Penampilan yang ideal dari seorang sekretaris diorientasikan pada kepribadian diri dari diri nya. Berpenampilan yang rapi,bersih dan cantik bukan syarat utama menjadi sekretaris, namun yang paling penting adalah inner beauty sekretaris itu sendiri.Dimanapun sekretaris itu berada ia harus mampu menjaga citra perusahaan dengan tidak terlibat tindak kriminal atau tindak pidana yang lain.
Lihat juga : Cara berkomunikasi sekretaris dengan baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar